Searching...
Selasa, 20 Agustus 2019

Pengertian Firewall, Jenis - jenis Firewall, Fungsi Firewall, dan Cara Kerja Firewall

Agustus 20, 2019

Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Saat ini, pengertian firewall dipahami sebagai sebuah istilah generik yang merujuk pada fungsi firewall sebagai sistem pengatur komunikasi antar dua jaringan yang berlainan.

PENGERTIAN FIREWALL
Pengertian Firewall adalah sebuah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internet. Untuk mencegah berbagai serangan yang tidak diinginkan, firewall bekerja dengan mengontrol baik itu melacak, mengendalikan dan memutuskan suatu perintah bahwa jaringan ini boleh lewat (pass), perlu dijatuhkan (drop), perlu ditolak (reject), melakukan enkripsi serta mencatat history atau aktivitas data.

FUNGSI FIREWALL
Fungsi firewall sebagai pengontrol, mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan.
Fungsi Firewal mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi, beberapa kriteria yang dilakukan fire-wall apakah memperbolehkan paket data lewati atau tidak.
Mencatat semua kejadian di jaringan.

JENIS - JENIS FIREWALL

  1. Packet Filtering Gateway
  2. Application Layer Gateway
  3. Circuit Level Gateway
  4. Statefull Multilayer Inspection Firewall
CARA KERJA FIREWALL
  1. Menolak & memblokir paket data yang datang berdasarkan sumber & tujuan yang tidak diinginkan.
  2. Menolak & menyaring paket data yang berasal dari jaringan internal ke internet.
  3. Menolak & menyaring paket data berdasarkan konten yang tidak diinginkan. Misalnya: Firewall yang terintegrasi pada suatu antivirus akan menyaring & mencegah file yang terjangkit virus yang mencoba memasuki jaringan internal.
  4. Melaporkan semua aktivitas jaringan & kegiatan firewall.

0 komentar:

Posting Komentar