Searching...
Sabtu, 02 Februari 2019

Soal & Jawab Uji Kompetensi 4 Essay (AIJ)

Februari 02, 2019

  1. Apakah yang dimaksud dengan routing dinamis?
    = Routing dinamis adalah routing yang dilakukan oleh router dengan cara membuat jalur komunikasi data secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang dibuat. Jika ada perubahan topologi di dalam jaringan, maka router akan otomatis membuat jalur routing yang baru. Routing dinamis ini berada pada lapisan network layer jaringan komputer dalam TCP/IP Protocol Suites.
  2. Sebutkan macam-macam protokol routing dinamis?
    =
    - RIP (Routing Information Protocol) merupakan protokol yang memberikan routing table berdasarkan router yang terhubung langsung. Lalu, router selanjutnya akan memberikan informasi ke router selanjutnya yang terhubung langsung dengan router tersebut. Adapun informasi yang diberikan dalam protokol RIP yaitu : host, network, subnet, dan route default. Routing ini menggunakan algoritma distance vector. Metric yang dilakukan berdasarkan hop count untuk pemilihan jalur terbaik. Jika hop count lebih dari 15, maka paket datagram akan dibuang. Update routing akan dilakukan secara broadcast setiap 30 detik.

    - IGRP (Interior Gateway Routing Protocol)
    IGRP adalah sebuah routing protocol yang dikembangkan pada pertengahan tahun 1980-an oleh Cisco Systems Inc. Tujuan utama penciptaan IGRP adalah untuk menyediakan protokol yang kuat untuk routing dalam sistem otonomi. IGRP memiliki hop maksimum 255, tetapi defaultnya sendiri adalah 100. IGRP menggunakan bandwidth dan garis menunda secara default untuk menentukan rute terbaik dalam sebuah internetwork (Composite Metrik). Protokol routing ini menggunakan algoritma distance vector. IGRP menggunakan composite metric yang terdiri atas bandwidth, load, delay dan reliability. Update routing dilakukan secara broadcast setiap 90 detik.

    - OSPF (Open Short Path First)
    OSPF adalah sebuah routing protocol standar terbuka yang telah diaplikasikan oleh sejumlah vendor jaringan dan dijelaskan di RFC 2328. Jika Anda memiliki banyak router, dan tidak semuanya adalah router Cisco, maka Anda tidak dapat menggunakan IGRP. jadi pilihan Anda tinggal RIP v1, RIP v2, atau OSPF. Jika jaringan yang dikelola adalah jaringan besar, maka OSPF adalah pilihan satu-satunya. OSPF ini adalah sesuatu yang disebut route redistribution, yaitu sebuah layanan penerjemah antar routing protocol.

    - EIGRP (Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)
    Protokol routing ini menggunakan algoritma advanced distance vector dan menggunakan cost load balancing yang tidak sama. Algoritma yang dipakai adalah kombinasi antara distance vector dan link-state, serta menggunakan Diffusing Update Algorithm (DUAL) untuk menghitung jalur terpendek.

    - BGP (Border Gateway Protocol)
    BGP merupakan salah satu jenis routing protocol yang ada di dunia komunikasi data. Sebagai routing protocol, BGP memiliki kemampuan untuk melakukan pengumpulan rute, pertukaran rute dan menentukan rute terbaik menuju ke sebuah lokasi dalam sebuah jaringan. 
  3. Sebutkan fitur-fitur pada OSPF (Open Short Path First)!
    =
    - Classless – Ini adalah tanpa kelas dengan desain; Oleh karena itu, mendukung VLSM dan CIDR.
    - Efficient – Perubahan Routing memicu routing update (tidak ada update periodik). Ia menggunakan algoritma SPF untuk memilih jalur terbaik.
    - Fast convergence – Dengan cepat merambat perubahan jaringan.
    - Scalable – Ia bekerja dengan baik dalam ukuran jaringan kecil dan besar. Router dapat dikelompokkan ke daerah untuk mendukung sistem hirarki.
    - Secure – Mendukung Message Digest 5 (MD5) otentikasi. Ketika diaktifkan, OSPF router hanya menerima update routing terenkripsi dari rekan-rekan dengan pra-berbagi sama password.
  4. Apakah yang dimaksud dengan BGP?
    = BGP adalah protokol routing inti dari Internet yg digunakan untuk melakukan pertukaran informasi routing antar jaringan.
  5. Sebutkan 2 langkah untuk melakukan langkah mengonfigurasi RIP!
    =
    - Meng-enable RIP dengan perintah router rip.
    - Menentukan setiap network major yang akan digunakan untuk menjalankan RIP dengan perintah network. Gambar berikut menunjukkan sebuah network dengan 4 router dengan 4 nomor network major.

0 komentar:

Posting Komentar